Sabtu, 05 Mei 2012

STRUKTUR ORGANISASI GARIS DAN STAF

STRUKTUR ORGANISASI GARIS DAN STAF


PENDAHULUAN

Pengorganisasian merupakan proses penyusunan anggota dalam bentuk struktur organisasi untuk mencapai tujuan organisasi dengan sumber daya yang dimiliki dan lingkungan yang melingkupinya baik intern maupun ekstern. Dua aspek utama dalam organisasi yaitu departementasi dan pembagian kerja yang merupakan dasar proses pengorganisasian.

James D. Mooney mengatakan "Organisasi yaitu bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama," sedang Chester I. Bernard memberikan pengertian organisasi yaitu suatu system aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Organisasi merupakan proses untuk merancang struktur formal, mengelompokkan dan mengatur serta membagi tugas diantara para anggota untuk mencapai tujuan.
Jadi organisasi dapat didefinisikan sebagai berikut:

1. Organisasi dalam arti badan yaitu kelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.
2. Organisasi dalam arti bagan yaitu gambaran skematis tentang hubungan kerjasama dari orang-orang yang terlibat dalam organisasi untuk mencapai tujuan bersama.

Unsur-unsur dasar yang membentuk organisasi yaitu:
1. Adanya tujuan bersama.
2. Adanya kerjasama dua orang atau lebih.
3. Adanya pembagian tugas.
4. Adanya kehendak untuk berkerja sama.

Struktur organisasi terbagi menjadi 6 struktur yaitu:
- Fungsional    - Matriks
- Produk         - Garis
- Komite         - Garis dan Staf

Dan dari beberapa di atas kami akan menjelaskan tentang struktur garis dan staf.

FULL DOWNLOAD MAKALAH.DOC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar